Tuesday, August 12, 2008

Efek Berantai Ledakan Bom Atom

Sekedar mengingatkan buat para pemilik usaha kreatif ato usaha apapun, bom atom ini dapat meluluh lantakkan semua disekitar Anda dan perusahaan anda.

Berawal dari keterlambatan gaji, mengakibatkan turunnya loyalitas karyawan, ketidakpercayaan terhadap pimpinan, turunnya wibawa pimpinan dan turunnya kualitas kerja dan hasil kerja para karyawan. Klien pergi karena kualitas menurun, pemasukan semakin berkurang, gaji semakin terlambat diberikan, jajaran manager dan project manager tak mendapat gaji selama beberapa bulan sampai gaji terlambat dan dicicil 3 kali tiap bulan. Tidak ada lagi bonus akhir tahun.

Loyalitas karyawan semakin turun, beberapa melanggar absen karena cari objekan diluar untuk beli susu anaknya. Bertahan beberapa bulan....akhirnya satu persatu tenaga ahli memutuskan untuk keluar.

Reqruitment karyawan baru dilakukan, beberapa karyawan baru masuk, peraturan semakin ketat, terlambat datang dapat Surat Peringatan, tapi gaji tetap saja dicicil-cicil. Lantas, harus bagaimana ? kapan berkahir ?

Hutang! hutang dilakukan cuma cukup untuk biaya operasional selama 3 bulan, gaji lancar selama tiga bulan. Tapi tidak menyembuhkan luka hati karyawan, tidak mengobati kekecewaan, loyalitas dan kinerja karyawan tidak meningkat...dan bulan depan perusahaan mendapat beban hutang baru.

Yah, hanya mengingatkan saja...semoga tidak terjadi. Salam pekerja.

6 comments:

PeriKeciL said...

hahahahhahaahhaha....

*ngakak*

R. Topan Berliana said...

Tulisannya bagus, meskipun kisah2nya miris. :(

M. Dedi Iskandar said...

sampe segitukah parahnya saat ini?

thomas said...

ndak semua kok kaya gini, ini hanya mengingatkan aja, semoga gak terjadi lagi. hihihihi.

donetta said...

dan para pimpinan tampak tetap PD, mungkin dengan menumbuhkan kumis semua akan terselesaikan, walaupun tidak semua paham kenapa saya disuruh harus menumbuhkan kumis....

zaenal said...

kayake blog yang ente ceritain ntu di tempat kerja ane yg sekarang deh... di jogja kan?? sabar2 aja dah kerja disitu... klo ngeluh trus ya ga bakal dpt banyak nimba ilmunya dunk...