Friday, September 26, 2008

Dialog Freelancer dengan Tukang Pijet

Pelajaran dari Pak Warto si tukang pijat. Banyak obrolan menarik sih. Tapi saya ambil intisarinya aja yang relevan dengan kehidupan pekerja. Pekerja lepas tentunya, dengan jadwal kerja yang tak teratur, tidur pagi - bangun siang - kerja malam. Sering 24jam didepan komputer, kerja 7 hari seminggu. Pola makan tak teratur, rokok ngepul terus, kopi tiada henti, jarang olahraga. Benar2 pola hidup yang berantakan dan tidak sehat.

Terjadilah dialog antara saya dengan Pak Warto.

S : "Trus gimana dong pak?".
PW: "Hidup itu jangan ngoyo mas, jangan terlalu bernafsu"
S : "maksudnya gimana pak ?"
PW: "Yang tau kemampuan badan kita itu kan ya kita sendiri, klo pingin tidur ya tidur aja, kerja itu jangan dipaksakan mas."
S: "Lha tapi kadang kerjaan numpuk dan harus selese cepat pak."
PW: (dengan menghela nafas) "Sampeyan menikmati nggak mas kerjaan kaya gitu ?"
S: (diem deh)
PW: "Kerja itu bukan sekedar mengejar materi mas, tapi kita kerja itu harus ikhlas. Iklhas membantu orang dengan tulus dan pasrah."
S: "Kita kan juga butuh uang pak utk keperluan ini itu."
PW: "Betul, uang memang penting tapi bukan segalanya. Bayaran termahal yang pernah saya terima adalah ucapan TERIMA KASIH yang 'tulus' dari orang yang saya tolong. Bahagia sekali saya. Jarang mas ada orang ngucapin terima kasih itu dengan tulus."
S: "Ooh, ya ya" (pura2 paham deh, padahal puyeng)
PW : "Yang penting seimbang mas, antara dunia dan akherat. Jangan lupa sama yang Di Atas. Segala kebutuhan kita itu pada dasarnya sudah dicukupi. Cuma manusianya aja ndak pernah puas. Jadi malah hidupnya nggak tenang dan banyak penyakit. Hahaha (seperti mentertawakan orang2 yang hidupnya dikejar2 deadline)."
S: "Wahahaha, tapi ya gimana lagi pak. Profesi saya kaya gini."
PW: "Untuk jaga kesehatan aja mas, tak kasi beberapa tips utk model pekerja kaya sampeyan yang terlalu banyak duduk."
S: .... (mendengarkan)

  1. Kalu tidur larut setelah lembur, jangan pake bantal, badan menghadap keatas (mlumah), atur nafas yang teratur. Niscaya saat bangun pagi akan lebih seger.

  2. Seminggu sekali minum air wortel sama madu. Terlalu banyak didepan komputer, syaraf mata anda sudah terganggu.

  3. Saat kerja, setiap 2-3 jam sekali gerakkan badan, kepala, jalan2 kedapur ambil minum. Biar badan, leher dan pundak nggak kaku mas.

  4. Bangun tidur jangan langsung minum kopi ato teh, air putih dulu segelas. Setelah itu baru mo sarapan ma minum teh boleh2 saja.

  5. Jangan nafsu terima semua kerjaan mas, dijadwalkan. Hitung sendiri jam istirahat per hari, waktu refreshing (gak mikir kerjaan sama sekali). Jangan sampe mau tidurpun masih kepikiran kerjaan.

  6. Jangan lupa berdoa mas, bersyukur dan beramal. Kalo saya lihat..mas e kayae jarang sembahyang.

Ada kelebihan uang pasti buat beli gadget terbaru. (ini tambahan dari penulis)

S:
"Ouwh....ya....." (yang nomer 6 sangat menusuk)
PW: "Ya sudah mas, saya permisi dulu."
S: bernafas lega karena badan lebih enak setelah dipijat.."Terima kasih Pak Warto" (sambil ngasi amplop..karena pak nya ndak mau ngasi tarif alias 'Seiklasnya')

Semoga ucapan terima kasihku tadi bener2 tulus. hiks.
Kembali ke.....jadwal kerjaan selama libur lebaran. Ouuuwwwwh.

No comments: